Thursday, March 19, 2009

Kado Purnatugas Prof Eko Budihardjo

Kompas Cetak
Jumat, 20 Maret 2009 09:59 WIB

Semarang, Kompas - Sejumlah agenda disiapkan untuk mengantar purnatugas mantan Rektor Universitas Diponegoro, Semarang, Prof Eko Budihardjo, yang pada 9 Juni 2009 akan memasuki masa pensiun. Meski pensiun, Eko Budihardjo tetap mengajar di Fakultas Teknik Undip.

"Saya sangat terharu atas perhatian rekan-rekan di lingkungan Undip maupun para profesor di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Begitu mereka tahu saya mau pensiun lalu sambutan untuk memaksa perayaan cukup banyak," kata Eko Budihardjo, Kamis (19/3), pada pertemuan pra-Menghayu Bagyo 65 Tahun Prof Eko Budihardjo di Semarang.

Pertemuan itu dihadiri enam profesor, tiga doktor, dan para kolega. Mereka antara lain Prof Dr Abu Su'ud (Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang), Ketua Panitia Purnatugas Prof Ir Edi Darmawan MEng, Ketua Komunitas Arsitektur Tua Semarang, Ketua Kadin Solichedi, mantan anggota KPU Dr Ari Pradhanawati, Dr Adi Nugroho, Triyono Lukmantoro, seniman Djawahir Muhamad, serta wartawan media cetak dan media elektronik di Semarang.

Menurut Eko Budihardjo, dia menunggu keluarnya surat keputusan Presiden mengenai keputusan pensiunan sebagai dosen. Namun, ternyata Rektor Undip Prof Dr dr Susilo Wibowo sudah lebih dulu menetapkan surat keputusan perpanjangan tugasnya. "Wah ini juga penghargaan, ternyata tenaga saya masih dibutuhkan," kata Eko.

Eko berharap, acara purnatugasnya tidak terlalu kaku dan terlalu serius keilmiahan. Kalau perlu ada seninya seperti pembacaan puisi dan mendatangkan penyanyi balada, Ebiet G Ade.
Agenda lainnya adalah kesediaan sejumlah profesor dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia untuk menyumbangkan tulisan-tulisan. Tulisan para profesor itu akan dijadikan kumpulan tulisan dan dibukukan.

Selain peluncuran buku berisi kumpulan tulisan para profesor, kata Edi Darmawan, panitia juga akan menggelar diskusi nasional bertema "Arsitektur Sastra Matra". Diskusi ini akan menampilkan pembicara Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Sumber: http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/03/20/09593284/Kado.Purnatugas.Prof.Eko.Budihardjo

No comments:

Post a Comment