Thursday, March 19, 2009

Tugas Profesor adalah Menulis Buku

Kamis, 19 Maret 2009 19:17 WIB
Laporan wartawan KOMPAS Winarto Herusansono

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu tugas penting para profesor di perguruan tinggi adalah menulis buku. Kalau tidak menulis buku, ya membuat tulisan untuk dikumpulkan sebagai buku. Sedang tugas profesor lainnya adalah membaca, menjadi pembicara dan meneliti.

"Saya sudah banyak mendorong rekan-rekan dosen untuk menulis. Apalagi profesor ya harus menulis. Kalau empat tugas itu tidak dikerjakan yakni membaca, menjadi pembicara, meneliti dan menulis, ya profesor itu pasti tidur," kata Prof Ir Eko Budihardjo Msc, Kamis (19/3) sore pada pertemuan pra-menghayu bagyo 65 tahun Prof Eko Budihardjo, mantan Rektor Universitas Diponegoro, Semarang.

Eko Budiharjo mengatakan, pada 9 Juni 2009 nanti dirinya akan purna tugas setelah memasuki pengabadian 65 tahun. Bila pensiunan nanti, dirinya akan berstatus Guru Besar Emiritius di Fakultas Teknik Undip Semarang.

Saat ini tinggal menunggu SK Presiden RI mengenai pensiunan saya. Tapi hebatnya, surat keputusan Presiden RI belum turun, Rektor Undip Semarang, Prof DR dr Susilo Wibowo sudah menetapkan perpanjangan tugas saya. Sedihnya perpanjangan itu dikaji ulang tiap tahun, ya sudahlah aturannya begitu, kata Eko Budihardjo yang pernah menjadi Ketua Umum Dewan Kesenian Jawa Tengah 2003-2008.

Sebagai penanda purna tugas, Eko Budihardjo mengaku, para koleganya sejumlah profesor di berbagai perguruan tinggi telah sepakat untuk menerbitkan buku. Buku itu berisi kumpulan tulisan para profesor, terutama yang sebidang dengan dirinya yakni arsitektur dan tata kota. Sudah ada penerbit yang bersedia menerbitkannya.

Penerbit malah terus menagih, lha ini yang repot juga. Penerbit mintanya Maret 2009 ini bisa rampung dan buku segera diterbitkan meski peluncuran bersamaan waktunya kegiatan purna tugas nanti, kata Eko Budihjardjo

1 comment: